Binguung Blog atau Website?? (Tugas TIK)


Bagi kawan-kawan yang awam juga jarang dalam dunia internet pastinya cukup kesulitan untuk membedakan antara Website dan Blog, bahkan untuk usia blog ane annasaja.blogspot.com yang kesekian tahun ini tetap saja belum bias menjelaskan secara gamblang mengenai perbedaan keduanya apa mungkin karena setali dua uang ya?

Ane cari menurut beberapa artikel. Eh, malah semakin bingung juga, karena yang dijelaskan menurut ane adalah fungsi turunan dari blog atau Website tersebut. Ok kembali ke topic mengenai perbedaan keduanya. Untuk itu kita awali bahasan dengan menarik sebuah benang merah yang berupa definisi dari masing-masing.


Untuk Web Site menurut Wikipedia  (Indonesia : Situs web, Jaringan situs) atau juga sering kali dikatakan situs saja merupakan sejumlah halaman berjaringan yang saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas berupa gambar, berkas video, maupun berkas-berkas jenis lainnya.

Sebuah website biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet ataupun Local Area Network (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua akses yang dapat diakses oleh public  di internet di sebut Waring Wera Wanya atau ada yang bilang #katanya World Wide Web (disingkat www).

Walaupun pada dasarnya sebuah website terbuka bagi siapapun yang ingin mengaksesnya, terdapat beberapa website yang mewajibkan pengunjungnya untuk melakukan konfirmasi saja, melakukan pendaftaran, serta melakukan pendaftaran berbayar. Yang biasa kita jumpai untuk website yang memuat konten dewasa, Koran online, atapun e-mail dan social media.

Jika hanya melihat dari definisi diatas maka yang ada dibenak kita website sangat umum pengertiannya bahkan bisa jadi setiap yang kita buka di Internet dapat di katakan sebuah website. Lalu selanjutnya kita tilik juga pengertian umum sebuah blog.

Blog yang sebenarnya berasal dari kata weblog merupakan aplikasi web yang menyerupai kumpulan tulisan-tulisan (postingan) pada sebuah halaman web yang umum. Sedangkan menurut perkembanganya blog merupakan sebuah mutasi menguntungkan atau evolusi maju dari sebuah buku harian online, opini public, pendapat maupun pengalaman pribadi yang dipublikasikan secaara online melalui sebuah website pribadi.

Ketika itu online diary masih berupa web yang berisi opini dan komentar tentang atau berupa sebuah link. Biasa juga disebut catalog link  dengan tambahan opini dari pemilik blog. Istilah weblog yang diambil dari kata logging the web muncul pada tahun 1997 dipopulerkan oleh seorang programmer Jorn Barger. Dan terus mengalami perkembangan hingga yang kita biasa lihat saat ini.

Dari dua definisi di atas sudahkah bisa membedakan yang mana blog juga website?? Belum?? (sama) tapi menurut singkat ane website itu blog sedangkan blog bagian dari website.

Ilustrasi.




Untuk perbedaan yang lain?? Entahlah

Ngerjain Tugas
31 Agustus 2013

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenai Anime Monster (2004)

Trans Semarang dari Poncol ke UNDIP

The Lord Of The Ring dan Optimisme Akan Takdir